Monday 15 July 2013

Kandungan AYAT Q.S al-Kafirun

Kandungan AYAT Q.S al-Kafirun adalah sebagai berikut :

a). Bahwa perinsip orang islam adalah kita dilarang melakukan sesembahan atau ritual oarang - orang kafir. Jangan Sekali - kali menjadi penyembahan atau hamba dari tuhannya orang kafir.
b). Dan sebaliknya orang kafir bukan menyembah Tuhan kita, Orang kafirpun tidak juga sebagai penyembah Tuhan yang kita sembah.
c). Bagi rang kafir agamanya, ritualnya, dan ajaranyalah yang harus dilakukan.
d). Bagi orang islam, syariat dan ajaran islamlah yang harus dipegang dan diamalkan.
e). saling menghargai terhadap kepercayaan dan ritual ibadah agama lain.
f). Bersikap tegas terhadap ajakan untuk melakukan sesembahan agama lain karena akan merusak aqidah.
     
               Inti dari ayat tadi adalah kita memegang teguh aqidah kita, Aqidah adalah satu ikatan keyakinan yang tertanam hati, akan ajaran Islam.
               Asbabun Nuzul dari surat ini, menurut Imam tabrani Ibnu Abu Hatim bahwa orang - orang Quraisy mengajak Rasullah SAW, supaya meninggalkan seruanya, dengan imbalan bahwa merekaakan memberikan  kepadanya harta yang melimpah sehingga akan membuatnya menjadi lelaki yang terkaya dikota mekkah dan mereka akan menikahkanya dengan wanita - wanita yang disukainya. orang - orang Quaraisy mengatakan kepada Muhammad SAW. ''semuanya itu adalah untukmu, hai Muhammad, asal kamu cegah dirimu dari mencaci maki tuhan - tuhan kami dan jangan dan jngan pula kamu menyebut - nyebutnya dengan sebutan yang burk, jika kamu tidak mau maka sembalah tuhan kami selama satu tahun.''
            Lalu Rasullah menjawab '' Tunggulah sampai ada wahyu yang turun kepadaku dari tuhanku'' maka ALLAH menurunkan surat al-kafirun ini dari ayat pertama sampai akhir. 


0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2016 SYAMS SHARE WORLD. All Rights Reserved. Powered by Blogger.