Sunday 14 July 2013

Macam - Macam Peralatan Jaringan


NIC adalah kartu jaringan atau LAN Card berupa papan elektronik yang ditanam atau dipasang di setiap komputer yang akan dihubungkan ke suatu jaringan. NIC biasanya ditanam pada slot yang masih kosong yang tersedia pada CPU (Central Processing Unit) pada suatu rangkaian komputer desktop.
Macam - Macam  Peralatan Jaringan
Gambar: Network Interface Card
PCMCIA Network Interface Card
PCMCIA adalah jenis kartu jaringan yang biasa di pakai untuk membuat koneksi pada notebook. Dengan kata lain notebook yang belum terpasang kartu jaringan dapat dipasang PCMCIA agar dapat terkoneksi dalam suatu jaringan yang ada. Kartu jaringan ini pemasangannya tidak terlalu sulit, cukup dimasukkan ke port PCMCIA yang ada pada setiap notebook dan tidak perlu dibongkar. Cukup ditancapkan dari bagian pinggir atau depan dari notebook tersebut.
PCMCIA Card

Gambar: PCMCIA

HUB
HUB atau Switch digunakan untuk menghubungkan setiap node dalam jaringan LAN. Peralatan ini sering digunakan pada topologi star dan extended star. Perbedaan antara HUB dan Switch adalah kecepatan transfer datanya. Yaitu 10:100 Mbps.
HUB
Gambar: HUB
Switch
Saat ini perusahaan umumnya memilih jaringan Ethernet 10 Mbps pada segmen-segmennya dan Fast Ethernet 100 Mbps untuk koneksi ke server. Biasanya mereka menggunakan switch 10/100 yang biasanya memiliki beberapa port 10 Mbps untuk koneksi ke komputer client dan 1 port 100 Mbps untuk koneksi ke server atau komputer yang dianggap sebagai server.
Macam - Macam  Peralatan Jaringan
Gambar: Switch
Bridge
Bridge adalah perangkat yang berfungsi menghubungkan beberapa jaringan terpisah, baik tipe jaringan yang sama maupun berbeda (seperti Ethernet dan Fast Ethernet). Bridge memetakan alamat Ethernet dari setiap node atau titik yang ada pada masing-masing segmen jaringan dan hanya memperbolehkan lalulintas data yang diperlukan melintasi bridge.
Macam - Macam  Peralatan Jaringan
Gambar: Bridge
VDSL (Very high-bit-rate Digital Subscriber Line port)
VDSL (Very high-bit-rate Digital Subscriber Line port) merupakan suatu alat atau piranti yang digunakan sebagai converter dari kabel UTP (RJ45) ke kabel telepon (RJ11). Untuk menghubungkan jaringan LAN atau Intranet antar gedung yang jaraknya kurang lebih 500 meter masih memungkinkan dengan penambahan piranti VDSL ini.
Macam - Macam  Peralatan Jaringan

Gambar: VDSL
Wireless
Wireless digunakan untuk membypass infrastruktur Telkom last mile dengan jarak 5-8 km.
Macam - Macam  Peralatan Jaringan
Gambar: Wireless
Router
Router adalah suatu alat pada dunia komputer yang berguna untuk membelokkan data dari suatu sistem jaringan ke sistem yang lain. Logikanya sebuah sistem jaringan tidak dapat berpindah ke sistem yang lain. Exp Sis A. Menggunakan IP 192.168.1.1 dan Sis B. Menggunakan IP 192.168.2.1 Maka Kompi yang menggunakan Sis A tidak dapat melakukan komunikasi dengan Sis B tanpa Router.
Macam - Macam  Peralatan Jaringan
Gambar: Router
Unshielded Twisted Pair (UTP)
Kabel unshielded twisted pair adalah kabel yang biasa digunakan untuk membuat jaringan atau network komputer berupa kabel yang didalamnya berisi empat (4) pasang kabel yang yang setiap pasangnya adalah kembar dengan ujung konektor RJ-45.
Macam - Macam  Peralatan Jaringan
Gambar: Kabel UTP
Shielded Twisted Pair (STP)
Kabel STP sama dengan kabel UTP, tetapi kawatnya lebih besar dan diselubungi dengan lapisan pelindung isolasi untuk mencegah gangguan interferensi. Jenis kabel STP yang paling umum digunakan pada LAN ialah IBM jenis/kategori 1.
Macam - Macam  Peralatan Jaringan
Gambar: Kabel STP
Coaxial Cable
Coaxial adalah suatu jenis kabel yang menggunakan dua buah konduktor. Pusatnya berupa inti kawat padat yang dilingkupi oleh sekat yang kemudian dililiti lagi oleh kawat berselaput konduktor. Jenis kabel ini biasa digunakan untuk jaringan dengan bandwith yang tinggi.
Macam - Macam  Peralatan Jaringan
Gambar: Kabel Coaxial
Fiber Optic (F/O)
Kabel fiber optic merupakan kabel jaringanyang dapat mentransmisi cahaya. Dibandingkan dengan jenis kabel lainnya, kabel ini lebih mahal. Namun, fiber optic memiliki jangkauan yang lebih jauh dari 550 meter sampai ratusan kilometer, tahan terhadap interferensi elektromagnetik dan dapat mengirim data pada kecepatan yang lebih tinggi dari jenis kabel lainnya. Kabel fiber optic tidak membawa sinyal elektrik, seperti kabel lainnya yang menggunakan kabel tembaga. Sebagai gantinya, sinyal yang mewakili bit tersebut diubah ke bentuk cahaya.
Macam - Macam  Peralatan Jaringan
Gambar: Kabel Fiber Optic
RJ-45
Kabel RJ-45 adalah kabel Ethernet yang biasa digunakan dalam topologi jaringan omputer LAN maupun jaringan omputer tipe lainnya. Konektor RJ-45 ini memiliki konfigurasi dua macam, sesuai dengan perangkat yang ingin dihubungkannya, baik itu Straight Through Configuration, Cross Over atau Rollover
Macam - Macam  Peralatan Jaringan
Gambar: RJ-45
Modem
Modem atau Modul the Modulator adalah peralatan jaringan yang digunakan untuk terhubung ke jaringan internet menggunakan kabel telepon.
Macam - Macam  Peralatan Jaringan
Gambar: USB Modem
Crimping Tools
Crimping tools berguna untuk memotong, merapikan dan mengunci kabel UTP dalam melakukan instalasi Networking.
Macam - Macam  Peralatan Jaringan
Gambar: Tang Crimping


5 comments:

SDN Karanganyar 02 said...

Trimkasih,.syams shareTrimkasih,.syams shareTrimkasih,.syams shareTrimkasih,.syams shareTrimkasih,.syams shareTrimkasih,.syams shareTrimkasih,.syams shareTrimkasih,.syams shareTrimkasih,.syams shareTrimkasih,.syams shareTrimkasih,.syams shareTrimkasih,.syams shareTrimkasih,.syams shareTrimkasih,.syams shareTrimkasih,.syams shareTrimkasih,.syams shareTrimkasih,.syams shareTrimkasih,.syams shareTrimkasih,.syams shareTrimkasih,.syams shareTrimkasih,.syams shareTrimkasih,.syams shareTrimkasih,.syams shareTrimkasih,.syams share

Unknown said...

terimkasih syams share,.,.,.

Unknown said...

iya sama - sama, sya juga masih sekolah SMK Jurusan Teknik Industri. salam kenal. anda orang mana?

Unknown said...

super sekali.. (h)

Unknown said...

hahahaha :-)

Post a Comment

Copyright © 2016 SYAMS SHARE WORLD. All Rights Reserved. Powered by Blogger.